• pinterest
  • facebook
  • twitter

Lantik Kepala Desa Wringinjajar, Pesan Bupati Eisti’anah: Jadilah Pemimpin yang Amanah

by bhinnekanusantara

23th September, 2022

Demak – Bupati Demak dr Eisti’anah melantik Sudarmin sebagai Kepala Desa Wringinjajar Kecamatan Mranggen untuk masa jabatan 2022-2023.

Pelantikan yang berlangsung di Gedung Ghradika Binapraja Kabupaten Demak tersebut disaksikan Kepala Dinpermades P2KB Taufik Rifai, Camat Mranggen Wiwin Edi Widodo, Prokompimcam dan jajaran perangkat pemerintah Desa Wringinjajar.

Sudarmin dilantik sebagai kepala desa antar waktu menggantikan Kades Wringinjajar Sukirman yang telah meninggal dunia.

Usai melantik, bupati memintaKades yang baru dilantik untuk menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, penuh tanggung jawab dan berorientasi melayani masyarakat demi kemajuan desa dan membawa kesejahteraan bagi warga.

Menurutnya, jabatan yang diemban bukan hanya memiliki tanggung jawab sosial dan birokrasi, tetapi juga akan dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT kelak di akhirat.

“Maka jadilah pemimpin yang amanah, adil dan dapat ngemong untuk kepentingan masyarakat desa,” katanya

Sehubungan itu diharapkan dapat segera menyesuaikan diri, dalam menjalankan tugas dan kewajiban penyelenggaraan pemerintahan desa.

Pemerintah desa merupakan bagian dari pemerintah kabupaten, sehingga perlu menjalankan program-program yang telah dicanangkan Pemkab Demak.

Di antaranya dengan menaati dan menegakkan hukum sesuai peraturan perundang-undangan, sehingga Kepala Desa dapat menjadi seorang pemimpin dan teladan bagi masyarakat.

Berkaitan dengan penyelenggaraan pembangunan, bupati menitipkan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian.

Yakni, memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, efektif dan efisien.

Kemudian melaksanakan anggaran dana desa dengan akuntabel, transparan dan hindari korupsi.

“Bermitralah dengan Badan Permusyawaratan Desa untuk kemajuan dan pembangunan desa, serta ciptakan inovasi untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Selain itu perlu melibatkan PKK Desa agar para perempuan di desa dapat mengambil peran dalam setiap kebijakan pemerintah desa.

“Jangan lupa untuk selalu melakukan komunikasi, koordinasi dan konsultasi dengan camat, apabila terdapat permasalahan di desa,” saran Bupati.

by bhinnekanusantara

Bhinneka Nusantara Indonesia merupakan media online yang dikelola oleh Yayasan Bhinneka Nusantara. Portal media alternatif yang akurat, informatif dan terpercaya.